Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 18 November 2017

Sistem pemerintahan

Nama: Tegar Rizky WIcaksono
Kelas: 2ID09
NPM: 37416339
Dosen: Ahmad Nasher
Mata Kuliah: Pendidikan Kewarganegaraan
Universitas Gunadarma
 

Sistem pemerintahan merupakan sistem yang digunakan oleh pemerintah sebuah negara untuk mengatur negaranya. Sistem pemerintahan berisi sekumpulan aturan-aturan dasar mengenai pola kepemimpinan, pola pengambilan keputusan, pola pengambilan kebijakan, dan berbagai macam hal lainnya. Setiap negara berhak memilih sistem pemerintahan yang akan dianutnya. Negara Indonesia sendiri hingga saat ini (Tahun 2015) menganut sistem pemerintahan presidensial.

Sistem pemerintahan adalah sebuah sistem yang digunakan oleh pemerintah sebuah negara dengan tujuan mengatur negaranya. Sistem pemerintahan berisi sekumpulan aturan-aturan dasar mengenai pola pengambilan kebijaksanaan, pola kepemimpinan, pola pengambilan keputusan, dan berbagai macam pola lainnya.
Setiap negara mempunyai hak untuk memilih sistem pemerintahannya sendiri-sendiri. Istilah sistem pemerintahan berasal dari dua kata dalam Bahasa Indonesia, yaitu kata “sistem” dan “pemerintahan”. Artinya adalah pihak berhak untuk memberikan perintah atau memutuskan sebuah kebijakan tertentu.
Jika diartikan dari arti katanya, maka pengertian sistem pemerintahan adalah kesatuan pengaturan yang digunakan oleh pihak-pihak yang mempunyai hak untuk memutuskan kebijakan atau memberikan perintah. Jadi kesimpulannya sistem pemerintahan adalah sistem yang dimiliki pemerintahan dan digunakan pemerintahan untuk mengatur pemerintahan negaranya dan digunakan oleh pemerintah untuk mengatur pemerintahan negaranya.

Macam-macam Sistem Pemerintahan:
  1. Sistem Pemerintahan Parlementer
Sistem pemerintahan parlementer merupakan sistem pemerintahan yang mana parlemen memiliki peranan yang sangat besar di dalam pemerintahan. Dalam sistem pemerintahan parlementer, parlemen yang duduk di pemerintahan berhak/memiliki wewenang untuk mengangkat perdana mentri sekaligus menjatuhkan permerintahan yang sedang memimpin negara melalui beberapa macam cara seperti salah satunya mengeluarkan mosi tidak percaya terhadap pemerintahan yang sedang berkuasa.

Negara dengan sistem parlementer (republik)

  1. Albania
  2. Timor Leste
  3. Estonia
  4. Ethiopia
  5. Finlandia
  6. Jerman
  7. Yunani
  8. Hungaria
  9. India
  10. Islandia
  11. Irlandia
  12. Iraq
  13. Italia
  1. Sistem Pemerintahan Presidensial 
Pengertian sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tertingginya berada di tangan presiden. Dalam sistem pemerintahan ini, presiden berperan sebagai kepala pemerintahan tertinggi yang berhak mengambil berbagai macam keputusan atau pun kebijakan yang berkaitan dengan negara.

Negara dengan sistem presidensial

  1. Amerika Serikat
  2. Angola
  3. Afghanistan
  4. Angola
  5. Argentina
  6. Bolivia
  7. Benin
  8. Burundi
  9. Brazil
  10. Colombia
  11. Chile
  12. Comoros
  13. Costa Rica
  14. Cyprus
  1. Sistem Pemerintahan Komunis
Sistem pemerintahan komunis merupakan sistem pemerintahan yang menganut asas komunisme (tidak mengakui keberadaan Tuhan). Dalam pemerintahan komunis, setiap orang harus hidup sama rata dan setara, tidak ada yang miskin atau pun kaya, semuanya harus saling dukung dan saling bantu.
  1. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal
Sistem pemerintahan demokrasi liberal merupakan sistem pemerintahan gabungan antara sistem pemerintahan demokrasi dan sistem pemerintahan liberal. Dalam sistem pemerintahan ini, pengendalian kekuasaan dilakukan oleh kepala pemerintahan yang dipilih secara langsung oleh rakyat.
  1. Sistem Pemerintahan Liberal
Sistem pemerintahan liberal merupakan sistem pemerintahan yang menganut asas kebebasan sebagai landasan penetapan kebijakannya. Dalam sistem pemerintahan ini, pemerintah tidak begitu banyak menetapkan kebijakan, dan mayoritas aktivitas di dalam negara dijalankan oleh pihak swasta.
  1. Sistem Pemerintahan Semi Presidensial
Sistem pemerintahan semi presidensial merupakan sistem pemerintahan gabungan antara sistem pemerintahan parlementer dengan sistem pemerintahan presidensial. Dalam sistem pemerintahan ini, kekuasaan tertinggi ada di dua pihak yaitu di tangan presiden (sebagai pemimpin negara) dan di tangan parlemen (sebagai wakil rakyat).

Kesimpulan:
           Sistem pemerintahan merupakan sistem yang digunakan oleh pemerintah sebuah negara untuk mengatur negaranya. Sistem pemerintahan berisi sekumpulan aturan-aturan dasar mengenai pola kepemimpinan, pola pengambilan keputusan, pola pengambilan kebijakan, dan berbagai macam hal lainnyaSistem pemerintahan adalah sebuah sistem yang digunakan oleh pemerintah sebuah negara dengan tujuan mengatur negaranya. Sistem pemerintahan berisi sekumpulan aturan-aturan dasar mengenai pola pengambilan kebijaksanaan, pola kepemimpinan, pola pengambilan keputusan, dan berbagai macam pola lainnya. Istilah sistem pemerintahan berasal dari dua kata dalam Bahasa Indonesia, yaitu kata “sistem” dan “pemerintahan”. Artinya adalah pihak berhak untuk memberikan perintah atau memutuskan sebuah kebijakan tertentu.
            Jika diartikan dari arti katanya, maka pengertian sistem pemerintahan adalah kesatuan pengaturan yang digunakan oleh pihak-pihak yang mempunyai hak untuk memutuskan kebijakan atau memberikan perintah. Jadi kesimpulannya sistem pemerintahan adalah sistem yang dimiliki pemerintahan dan digunakan pemerintahan untuk mengatur pemerintahan negaranya dan digunakan oleh pemerintah untuk mengatur pemerintahan negaranya.

Sumber:
  • http://pengertiandefinisi.com/pengertian-sistem-pemerintahan-dan-macam-macam-sistem-pemerintahan/
  • https://santrialim.com/sistem-pemerintahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar